HEAT MWD FISIOTERAPI SOLUSI BADAN/SENDI/OTOT SAKIT, PEGAL, NGILU ANDA!

Apa itu MWD FISIOTERAPI?
Heat therapy dengan MWD/micro wave diathermy Fisioterapi adalah terapi tepat dengan menggunakan gelombang elektromagnetik berfrekuensi 2456 Mhz dalam bentuk cahaya hijau yang memberikan kehangatan pada bagian tubuh Anda yang sedang mengalami masalah seperti pegal, linu, otot tertarik, saraf terjepit, kebas, sendi yang sakit, osteoarthritis, rematik, cedera dll.

MWD adalah salah satu modalitas fisioterapi yang dapat bermanfaat dalam mengurangi nyeri dan radang. MWD cocok untuk jaringan superfisial dan struktur artikuler yang dekat dengan permukaan kulit, misalnya pada permukaan anterior pergelangan tangan dan lutut. Salah satu tujuan utama dari terapi MWD adalah untuk memanaskan jaringan otot dan sendi sehingga akan memberi efek relaksasi pada otot dan meningkatkan aliran darah intramuskular, hal ini terjadi karena adanya peningkatan temperatur dan aliran darah yang signifikan. MANFAAT MWD FISIOTERAPI YANG ANDA DAPATKAN.

Keunggulan MWD fisioterapi adalah kemampuannya menembus dan memanaskan lapisan dibawah kulit tanpa menyebabkan panas berlebih (melepuh) pada permukaan kulit seperti yang sering terjadi pada alat Infrared.
MANFAAT MWD FISIOTERAPI:
  1. Mengatasi masalah-masalah:
    • Salah bantal.
    • Sport injuries.
    • Otot tertarik.
    • Saraf terjepit.
    • Sakit sendi.
    • Kaku pada sendi.
    • Otot melemah.
    • Kebas.
    • Osteoarthritis.
    • Pegal.
    • Linu.
    • Otot/urat/sendi/bagian tubuh Anda yang bermasalah.
  2. Meningkatkan metabolisme lokal sehingga menimbulkan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah).
  3. Mengurangi nyeri dan meredakan radang pada bagian tubuh yang bermasalah.
  4. Efektif pada permasalahan otot.
  5. Memberi efek relaksasi pada otot dan meningkatkan aliran darah intramuskular.
  6. Manfaat akan terasa sesaat setelah terapi.

INI TAHAPAN & CARA KERJA TERAPI MWD FISIOTERAPI YANG HARUS ANDA KETAHUI!

TAHAPAN TERAPI MWD FISIOTERAPI:
  1. Mesin MWD Fisioterapi akan diarahkan ke bagian tubuh Anda yang sedang bermasalah (lower back/punggung/kaki/tangan/leher.
  2. Jarak antar MWD dengan bagian tubuh/otot yang bermasalah, kurang lebih 10 cm.
  3. Proses MWD membutuhkan waktu 15 menit/lokasi.
  4. Tujuan terapi ini untuk meningkatkan metabolisme lokal sehingga menimbulkan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah).
CARA KERJA TERAPI MWD FISIOTERAPI:
MWD – Energi hangat dan vibrasi/getaran – Vasodilatasi pembuluh darah arteri dan vena – Suplai darah dan metabolisme meningkat, senyawa yang dihasilkan proses radang yang bersifat merangsang nyeri diangkut dan dibuang ke ginjal – Nutrisi dan O2 meningkat – Elastisitas jaringan meningkat (Anjela BM Tulaar, 2009).
FISIOTERAPI TIDAK DIANJURKAN UNTUK:
  1. Penderita kanker/tumor.
  2. Penderita TBC/kanker paru-paru.
  3. Pada bagian mata, otak/batang otak, dan alat kelamin.
  4. Ujung-ujung (epifise) tulang panjang pada anak yang belum mengalami pubertas.
  5. Wanita yang sedang menstruasi tidak dianjurkan melakukan MWD di daerah perut bawah.
Notes:
  1. MWD Fisioterapi hanya tersedia di Klinik Holicare BSD.
  2. MWD Fisioterapi dilakukan oleh perawat berpengalaman, bukan oleh fisioterapis.